Sabtu, 26 April 2014

Wujud Sumbangsih Prudential Indonesia kepada Penyembuhan Pasien Kanker Anak di Bali

Denpasar, 19 Februari 2013 – Bertempat di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) melalui Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) hari ini mendonasikan mesin apheresis COM.TEC kepada RSUP Sanglah Denpasar.

Jumlah penderita kanker di Indonesia sangat tinggi, dan penyakit ini telah menjadi salah satu penyebab kematian utama di Indonesia. Data Departemen Kesehatan (tahun 2011) menunjukkan bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia mencapai 6% dari populasi atau kurang lebih 16 juta pasien. Bahkan, menurut data WHO pada tahun 2030 akan terjadi lonjakan penderita kanker sampai tujuh kali lipat.

Di Provinsi Bali, Dinas kesehatan Provinsi Bali mencatat kanker sebagai penyakit pembunuh nomor dua setelah kardiovaskuler. Dikatakan, jumlah penderita kanker di Bali per tahun ratarata mencapai 40 orang. Jumlah ini akan terus berubah dan cenderung meningkat tajam (sumber: Yayasan Kanker Indonesia provinsi Bali).

Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga banyak menimpa anak-anak. Menurut data dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, jumlah kasus baru kanker anak mencapai lebih dari 11.000 pasien per tahun di seluruh Indonesia.

Dengan hadirnya mesin COM.TEC di Bali, diharapkan dapat membantu proses transfusi darah juga terapi kanker yang juga aman digunakan oleh balita. Keistimewaan mesin ini terletak pada kemampuannya sebagai multi-apheresis procedural platform yang bisa digunakan saat terapi pada pasien dewasa dan khususnya bagi pasien leukimia akut anak-anak, di mana mesin ini berfungsi memisahkan sel-sel darah yang dibutuhkan dalam proses transfusi sebagai bagian dari proses transplantasi stem cell (sel puncak).

Ditemui di RSUP Sanglah, Denpasar I Wayan Sutarga MPHM selaku Direktur Utama RSUP Sanglahmemaparkan “Kami sangat berterima kasih atas donasi yang diberikan oleh Prudential Indonesia melalui YOAI ini. Kami berharap dengan adanya mesin apheresis COM.TEC ini pasien kanker anak yang berada di provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Timor Leste tidak perlu lagi berobat ke Jakarta ataupun ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang memerlukan mesin apheresis.”

Donasi mesin COM.TEC ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility – CSR) Prudential Indonesia di bawah naungan inisiatif yang lebih besar bernama “A Million Hearts for A Million Dreams” atau “Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi”. Selain mempunyai fokus kepada pengembangan kesehatan bagi anak-anak, di tahun 2013 ini, Prudential Indonesia telah merencanakan sejumlah kegiatan CSR untuk mendukung peningkatan kesejahteraan publik melalui tiga pilar utama yaitu edukasi, anak-anak serta pencegahan dan penanggulangan bencana.

William Kuan selaku Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, “Sebagai korporasi yang bertanggung jawab, Prudential Indonesia sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan di Indonesia, terutama pada deteksi dini dan perawatan kanker pada anak. Prudential percaya bahwa di daerah manapun di Indonesia anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan perawatan kesehatan terbaik. Harapan kami adalah dengan adanya mesin ini pasien kanker anak dapat menjalani terapi menggunakan teknologi penyembuhan mutakhir yang aman dan bisa memberikan manfaat lebih terhadap pelayanan medis bagi seluruh pasien kanker di wilayah Bali dan sekitarnya,” tambah William.

Prudential Indonesia dan YOAI telah bekerja sama sejak tahun 2003, dan sejak saat itu staf dan tenaga pemasaran Prudential telah berhasil menggalang dana sebesar Rp 3.5 miliar. Melalui penggalangan dana tersebut, sampai saat ini Perusahaan telah membantu lebih dari 500 anak pasien kanker melalui dukungan pengobatan medis serta membangun bangsal khusus anak penderita kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar